3 menit sehari untuk meningkatkan “Simplicity Sense”

28 Dec 2014 · by Admin Person

“Simplicity is the ultimate sophistication.” – Leonardo da Vinci berkata seperti itu. Terkadang sangat sulit untuk membuat suatu hal menjadi begitu simple, ringkas dan mudah dipahami. Jika kalian ingin meningkatkan sense of simplicity atau kemampuan untuk membuat suatu hal menjadi ringkas dan simple. simak artikel dari Borrys Hasian dibawah ini, Enjoy :)

Aku sedang berada di Stasiun MRT Jurong Timur – Singapura, bersama istri dan anak anakku, menunggu kereta yang akan membawa kami ke Raffles. saat aku melihat iklan Asus ZenFone 5, aku melihat desain halaman awalnya (homescreen) dan aku meluangkan 2 menit untuk menjawab 2 pertanyaan

  • Apa hal yang bisa dihilangkan dari halaman awal ini?
  • Apa hal yang bisa ditambahkan untuk membuat halaman awal ini menjadi lebih menarik?*

Lihat desain halaman awal dibawah ini, dan cobalah untuk menjawab 2 pertanyaan diatas

asus.jpg

Sudah mendapatkan jawaban? :) Sekarang carilah orang secara acak dan berikan pertanyaan yang sama. berikan ia 1 menit untuk menjawab pertanyaan. tujuan utamanya adalah mendapatkan feedback/opini dari orang lain, so.. keep it short. 1 minute is enough :)

Dan inilah jawabanku:

  • “Apa hal yang bisa dihilangkan dari halaman awal ini?” – Cuaca saat ini (terletak dibawah tanggal), kenapa dihilangkan?, karena aku dengan mudah mengetahui cuaca disekitarku saat ini.
  • “Apa hal yang bisa ditambahkan untuk membuat halaman awal ini menjadi lebih menarik? ” – Menambahkan info cuaca di tiap tiap agenda (terletak di sebelah kanan berbentuk timeline menurun), akan menarik jika aku bisa mengetahui perkiraan cuaca di tiap tiap agenda yang akan berlangsung beberapa jam mendatang.

Selanjutnya aku bertanya kepada anakku, dan dia menjawab pertanyaan pertama “Aku rasa cuaca saat ini tidak begitu berguna, aku bisa dengan mudah melihat cuaca disekitarku saat ini” dan pertanyaan kedua tidak dia jawab karena kereta telah tiba.

Hanya 3 menit dan kau sudah meningkatkan “Simplicity Sense” mu. jadikan ini sebagai kebiasaan dan kau akan membuat design lebih baik dengan sesuatu yang simple di pikiranmu.

Original Post: http://inspiringux.com/2014/12/25/3-minutes-a-day-to-improve-your-simplicity-sense/

by Dwinawan Hariwijaya


SHARE AND SUPPORT