Gathering #1 UniteUX

in Community · 01 Dec 2013 · by Admin Person

arena antusiasme grup Facebook UniteUX semakin hari semakin tinggi, akhirnya untuk pertama kalinya kami mengadakan acara gathering dengan bentuk yang sedikit formal di Jogja pada tanggal 28 November malam kemarin. Dengan persiapan yang cukup mepet, tapi para volunteer UniteUX ini terus berusaha keras agar acara gathering ini bisa berjalan dengan lancar. Karena kami menginginkan tempat yang santai, akhirnya dipilih Lincak Cafe sebagai tempatnya.

Poster #1 Gathering

Gathering ini juga sekaligus diadakan sharring session dari anggota UniteUX juga. Terdapat 2 pembicara yang bersedia yaitu Borrys Hasian dan Dwinawan Hariwijaya dengan tema pada gathering ini yaitu “UX Design Process“.

Sesi 1. UX View Tips

Pembicara pertama yaitu oleh Dwinawan Hariwijaya, seorang web desainer sekaligus web developer yang berpengalaman melakukan pengembangan website. Dwinawan berbagi mengapa UX itu penting beserta tips-tips menarik dan jelas mengenai UX yang baik. Karena Dwinawan berprofesi sebagai web desainer, maka contoh-contoh dalam presentasinya lebih cenderung ke web desain. Untuk materi presentasi dapat dilihat di bawah ini.

Slide

Sesi 2. UX Design – Beyond Wireframes and Pixel

Pembicara kedua berasal dari Singapore yaitu seorang konsultan UX profesional yang telah menggeluti bidang UX cukup lama. Sesi ini seharusnya melewati Google Hangout tapi karena kendala teknis di tempat maka kami hanya menggunakan screen sharing dan voice call. Meskipun fasilitas terbatas, tetapi audiens sangat serius mendengarkan dan mendapatkan banyak ilmu.

Borrys Hasian menjelaskan bahwa pada dasarnya UX ada untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Skill yang dibutuhkan seorang praktisi UX yaitu Self Image, Compassion, Passion, Simplicity, dan Patience. Selain itu Borrys juga berbagi bahwa UX itu luas. Dibalik apa yang kita lihat, masih terdapat beberapa elemen dasar untuk mengembangkan UX itu sendiri. Untuk materi presentasi dapat dilihat di bawah ini.

Slide

Antusiasme Anggota

Meskipun publikasi acara ini yang terbilang mepet, tidak disangka yang datang pada acara ini justru melebihi quota. Para volunteer mengestimasi anggota yang datang sekitar 25-30. Tapi setelah form pendaftaran dibuka hanya dalam 1 hari, anggota yang konfirmasi datang mencapai 40 orang! Untuk itu formnya terpaksa kami tutup agar tidak over quota.

uxgath1-1.jpg

uxgath1-2.jpg

Gathering ini sekalian pembagian kaos UniteUX dan stitker juga loh.. Hayo siapa yang belom pesen nih? :)

uxgath1-3.jpg

Gathering Selanjutnya?

Yak, temen-temen pasti juga pengen kan ikutan gathering selanjutnya. Untuk yang belom join grup silakan join dulu. Jangan lupa follow Twitter dan Facebook kita. Gathering selanjutnya bakalan direncanakan bareng-bareng oleh semua temen-temen komunitas. So, semakin aktif di komunitas, semakin rame, semakin banyak ilmu yang kita dapat!

Thanks to all volunteers : Fikri, Anjar, Iqbal, Trias, Ardi, Vina, Moko, Reza, Logi, dan semuanya!


SHARE AND SUPPORT