Kesalahan Umum UX di Sebuah Website

in UX Tips · 04 Nov 2014 · by Admin Person

kartunama-677x340.jpg

Kita semua pasti telah menjelajah dan mencoba berbagai macam website. Online Shop, Sosial Media, Portal Video, Portal Berita, Portal Perumahan… #eh :D | dengan banyaknya website yang telah dijelajahi pasti sering menemui sesuatu yang bikin jengkel. Kali ini kita akan membahas hal hal apa saja yang sering bikin kita jengkel saat menjelajah di suatu website.

1. Website mendadak menghilangkan seluruh inputan yang kita ketik saat gagal login

dribbble.jpg

Dribbble adalah salah satu website favorit semua designer. tapi pengalaman yang cukup menjengkelkan terjadi ketika hendak mencoba untuk login. setelah mengisi email, password dan meng-klik Sign-In. website mengatakan bahwa kombinasi email dan password salah.

Tapi kejamnya… si website ini menghilangkan semua inputan yang telah diketik. form email dan password benar benar bersih. bayangkan jika email anda lebih panjang dari gerbong kereta api.. atau jumlah karakter email anda lebih panjang daripada jumlah episode ganteng ganteng serigala. kan capek ngetiknya :'(

What to do: Saat terjadi kesalahan pengisian suatu form, biarkan apa yang telah di-inputkan oleh user. jangan dihapus :) tidak semuanya harus dihapus, karena terkadang ada sesuatu yang terlalu manis untuk dihapus.

2. Form yang terlalu panjang

form.jpg

Panjang itu menyenangkan… (contohnya kalau kita maen flying fox.. dengan area luncur yang panjang kan terasa menyenangkan :D ). Tapi tidak semua yang panjang itu menyenangkan. Lihat gambar form diatas.. panjang tuh… tapi apakah menyenangkan? :D seperti form pembukaan rekening di bank tapi versi online.

What to do: Tuntunlah user untuk mengisi form dengan sangat halus. jika memang user harus mengisi banyak sekali isian, bagilah menjadi beberapa bagian. jangan langsung menampilkan semua isian. kita lebih milih nonton sinetron 1 episode per hari kan dibanding 100 episode per hari.

kartunama.jpg Contoh Form yang Baik dan Berbudi Luhur

3. Link yang tak terlihat bisa diklik

clickarea1.jpg

yang saya garis bawahi warna merah itu adalah sebuah link. Jika user mengarahkan ke area merah itu, maka tulisan yang mengandung umpan… eh link akan muncul garis bawahnya. bayangkan jika website ini dibuka di tablet. Fyuhhhh….

What to do: Buatlah sebuah link berbeda dengan teks yang lain. buatlah link menjadi jelas (mungkin bisa ganti warna seperti wedding peach atau diberi garis bawah tanpa harus di hover). walaupun tidak semua hal di dunia harus dijelaskan secara nyata tapi untuk sebuah Link di website harus jelas.

4. Tidak men-submit sebuah form ketika menekan tombol “ENTER” di keyboard

enter.jpg

Anda dihadapkan dengan form diatas. setelah mengisi Username, anda lalu menekan tombol “tab” untuk berpindah ke inputan password. setelah anda mengetik password, lalu anda menekan tombol “ENTER” dan berharap sesuatu terjadi. tapi tidak terjadi… apa perasaan anda?.

What to do: Sebuah Form sebaiknya langsung men-submit semua inputan ketika ditekan tombol “ENTER”, hal ini untuk mempermudah user. sehingga user tidak perlu berpindah ke mouse untuk hanya sekedar menekan tombol “SUBMIT/Log In” untuk mensubmit inputan form. karena terkadang, perpindahan itu terasa menyakitkan.

5. Menggunakan Pop Up Javascript untuk menampilkan pesan/peringatan

User itu cenderung mengklik “OK” kalau dihadapkan pada pop up seperti ini. Kok bisa?. ya karena tombolnya hanya satu. hanya tombol “OK”. jadi user sering tidak membaca pesan nya. dan user akan bingung kalau setelah dia meng-klik tombol “OK” dan halaman tidak ada yang berubah.

What to do: Bersusah payahlah sedikit membuat sebuah pesan yang eye catching dan membuat user menaruh perhatian untuk membaca. Hujan badai dan lautan aja rela kita seberangi, masak bikin error message/success message untuk user saja males malesan ;)

Yak… sekian beberapa hal umum yang lumayan menjengkelkan yang sering ditemui saat menjelajah sebuah website. ada tambahan hal menjengkelkan lainnya terkait UX di sebuah website?. jangan ragu ragu untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini ;)

by Dwinawan Hariwijaya


SHARE AND SUPPORT