Langkah Pertama Dalam Mendisain User Experience

in UX Tips · 12 Nov 2013 · by Admin Person

Merupakan hal yang biasa saat orang mulai mendisain website/aplikasi untuk langsung menggunakan Photoshop, atau malah langsung coding. Waktu sangat sempit, sehingga terlihat masuk akal untuk ‘memotong waktu’ dengan langsung terjun ke Photoshop atau coding. Hal yang terlihat sederhana ini, menjadi penyebab kegagalan banyaknya website/aplikasi yang ada di pasar. Kegagalan ini terjadi, karena kebanyakan orang ngga mau repot menjawab dua pertanyaan penting sebelum memulai mendisain atau membuat suatu website/app:

  • Apa business goals nya?
  • Apa yang diinginkan users dari website/app kita (user needs)?

first-step-goals-and-needs-640x340.jpg

Business goals bisa berupa uang, misal ‘memperoleh revenue 1jt rupiah setiap bulan’, tapi business goals bukan hanya tentang uang. Memperkuat/memperkenalkan brand juga bisa merupakan business goals. Yang penting adalah anda memiliki tujuan internal yang jelas untuk website/app yang dibuat.

User needs ini sedikit tricky. Konsep ‘menyediakan apa yang orang butuhkan’ terlihat sederhana, tapi yang jadi pertanyaan: “Bagaimana mengetahui apa yang orang lain butuhkan?” Bisa jadi sulit untuk mencari tau apa yang orang lain butuhkan, kecuali anda memiliki dana besar untuk menyewa marketing research firm untuk melakukan survey. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengamati pengalaman anda sendiri atau orang-orang terdekat. Saat anda mengakses website atau menggunakan aplikasi orang lain, apa feature yang anda harap ada di website/aplikasi orang lain itu? Jika anda membutuhkan feature tersebut, bisa jadi orang lain juga membutuhkan hal yang sama. Kenapa ngga membuat sendiri website/aplikasi itu?

Business goals dan user needs akan menjadi landasan untuk setiap disain dan setiap keputusan yang dibuat selama proses UX Design. Setiap diskusi, usulan, dan kritik akan terarah. Ini juga membuat website/app kita memiliki value terhadap internal (perusahaan/kita sendiri) dan users diluar sana. Waktu yang kita miliki hanya sedikit, sehingga sayang kalo kita mencurahan usaha, pikiran, dan tenaga untuk website/app yang ngga memiliki value.

“A journey of a thousand miles begins with a single step.” -Lao-tzu

Jadi sebelum anda memulai dengan Photoshop, atau terjun langsung ke coding, ambil satu langkah ke belakang, tarik nafas dulu, dan tanyakan dua hal diatas: Apa business goals dan user needs nya?

Sekarang pertanyaannya, bagaimana proses UX Design itu? Kita bahas di post lainnya ya.

Cheers,

Borrys Hasian


SHARE AND SUPPORT