Perkenalan Tentang UX dan Disiplin Ilmunya

in Articles · 17 Oct 2013 · by Admin Person

Pernahkah Anda datang ke sebuah tempat namun Anda masih bingung untuk mengunjungi lokasi yang Anda maksud? Atau pernahkah Anda mengurus surat/legalisir di kantor pemerintahan tapi pelayanannya membingungkan? Atau pernahkah Anda mendapat pesan error di komputer tapi tidak tahu solusinya? Hal-hal tersebut seringkali kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita. Kita (sebagai user) terkadang tidak bisa mengerti untuk berada dalam sistem yang ada. Kemudian siapakah yang salah?

Sejalan dengan perkembangan yang ada, sistem yang kita temui sehari-hari mengalami perkembangan yang cepat. Semakin lama sistem tersebut memiliki kompleksitas yang tinggi juga. Di sisi lain, kita sebagai user pada dasarnya tidak semuanya mampu mengerti/menggunakan sistem tersebut kecuali pembuatnya itu sendiri. Nah di sini lah diperlukan hubungan antara sistem dengan manusia.

User experience (UX) merupakan sebuah perkembangan dari bidang-bidang sebelumnya yang mendalami mengenai apa yang dirasakan oleh pengguna dalam ketika menggunakan sistem tersebut. UX bertujuan agar pengguna yang menggunakan sistem teresebut akan mendapatkan kepuasan setelah menggunakannya. Contohnya ketika kita datang ke restoran atau kafe ternama, kemudian kita mendapatkan pelayanan yang baik maka itulah salah satu contoh kepuasan pengguna dalam sistem. Hal tersebut dapat diterapkan ke berbagai hal seperti website, aplikasi, desain produk, arsitektur, tulisan/bahasa, dan sebagainya.

Disiplin Ilmu

ux_disciplines_rev_big.jpg

Menurut Dan Saffer, penulis buku Designing for Interaction Second Edition membuat sebuah diagram mengenai disiplin ilmu yang berkaitan dalam UX. Dari diagram tersebut dapat dilihat bahwa lingkup disiplin ilmu yang saling beririsan ternyata cukup banyak. Mulai dari Information Architecture, Visual Design, Interaction Design, Architecture, dan Industrial, mereka saling beririsan. Dari diagram tersebut dapat disimpulkan bahwa UX merupakan dasar dalam berbagai bidang. UX lebih mendekat ke arah user, sedangkan alat untuk penerapannya antara lain antarmuka, desain, bahasa, suara, dan sejenisnya.

Nah mungkin ini saja sedikit penjelasan awal mengenai UX beserta disiplin ilmu yang berkaitan. Dalam penerapannya UX akan lebih mendalami ke sisi user dengan berbagai metode-metodenya. UX juga memiliki peranan besar dalam strategi bisnis suatu perusahaan untuk mendapatkan revenue dari penggunanya. Sekian, tunggu artikel-artikel menarik kami selanjutnya!

by Trias Nur Rahman


SHARE AND SUPPORT